Sabtu, 23 Maret 2013

Rpp IPA SMP Kelas VII : Metode Ilmiah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata pelajaran          :  Biologi
Kelas/Smester            :  VII/1
Pertemuan                 :  2
Alokasi Waktu           :  2 x 40 menit
Standar Kompetensi :  5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar     : 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
Indikator                    : Mampu melaksanakan pengamatan objek melalui langkah-langkah terencana dan sistematis
                                    : Mampu memahami tahapan-tahapan metode ilmiah
                        : Peserta didik mampu melakukan pengamatan memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik

             I.      Tujuan
·         Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa dapat melaksanakan pengamatan objek melalui langkah-langkah terencana dan sistematis baik di sekolah atau lingkungan rumah.
·         Siswa dapat hafal dan memahami tahapan-tahapan metode ilmiah.
·         Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa mampu melakukan pengamatan gejala alam biotik dan abiotik
          II.      Karakter yang dikembangkan
Disiplin, cermat, tanggung jawab, ketelitian.
       III.      Materi Ajar
Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.
karakteristik penelitian ilmiah, yaitu : Sistematik, Logis, Empirik, Replikatif.
            Adapun langkah-langkah dalam melakukan metode ilmiah adalah sebagai berikut:
A.    Menemukan/Merumuskan Masalah
B.     Mengumpulkan Keterangan/Data
C.     Menyusun Hipotesis
D.    Melakukan Percobaan/Eksperimen
E.     Menarik Kesimpulan
F.      Mengkomunikasikan Hasil
Gejala biotik dan abiotik merupakan keadaan lingkungan di sekitar kita yang ditunjukkan oleh keadaan makhluk hidup maupun benda tak hidup. Gejala biotik dan abiotik saling berkaitan dan tidak dapat di-pisahkan. Kejadian yang terjadi pada komponen biotik akan berpen-garuh terhadap komponen abiotik, demikian sebaliknya. Contohnya kasus banjir, air sebagai komponen abiotik yang merupakan kompo-nen vital yang dibutuhkan makhluk hidup justru sebagai penyebab banjir. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya lahan resapan akibat penggundulan hutan atau penebangan tanaman (komponen biotik), belum lagi kebiasaan buruk manusia terhadap lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir. Akibat dari banjir tentu saja merugikan seluruh lapisan masyarakat.
       IV.      Metode Pembelajaran
·         Menerapkan model pembelajaran direct instruction, snowboard rolling, picture and picture dan cooperative learning
·         Menerapkan metode ceramah dan tanya jawab
          V.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (80 menit)
A.    Kegiatan awal (10  menit)
·         Memberi salam
·         Berdoa sebelum belajar
·         Ice Breaking game konsentrasi
·         Absensi
B.Kegiatan inti (60 menit)
            Tahap eksplorasi
·         Sedikit membahas tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya
·         Bertanya tentang tugas yang telah diberikan
·         Beberapa siswa ditunjuk untuk membacakan hasil tugas
·         Menunjukkan gambar yang mikroskop pertama
·         Bersama sama menyimpulkan tahapan-tahapan metode ilmiah (lanjutan pertemuan sebelumnya)
·         Posttest 1
·         Apersepsi gejala alam biotik dan abiotik dengan menunjukkan gambar
Tahap elaborasi
·         Menerangkan tentang gejala alam biotik dan abiotik
·         Membagi siswa kedalam 6 kelompok
·         Siswa mengamati gejala alam biotik dan biotik di sekitar sekolah
·         Setiap kelompok membacakan hasil pengamatan
Tahap konfirmasi
·         Membahas bersama-sama hasil pengamatan yang telah dilakukan siswa
·         Mengumpulkan Lembar Kerja Siswa
·         Ice breaking
C.Kegiatan akhir (20 menit)
·         Posttest 2
·         Pemberian tugas
       VI.      Alat/Bahan/Sumber
·         Buku paket
·         Lembar Kerja Siswa
·         Alat tulis
·         Internet
·         Gambar tentang gejala alam biotik dan abiotik
·         Reward untuk siswa berupa coklat
·         Kertas bergulir (untuk snowboard rolling)
·         Lembar Kerja Siswa

    VII.      Penilaian
·         Kehadiran
·         Keaktifan
·         Keberanian bertanya dan menjawab
·         Kekompakan
·         Posttest
·         Lembar Kerja Siswa



Mengetahui,
Guru Pamong


Wahir, S.Pd
NIP: 19780401 201001 1 013
Cirebon, 15 januari 2013
Guru Praktikan


Khairul Aziz
NIM: 59461168



Soal Posttest

Soal
1.      Sebutkan tahapan-tahapan dalam metode ilmiah

Jawaban
1.      Merumuskan masalah (poin 5)
2.      Mengumpulkan data (poin 5)
3.      Menyusun hipotesis (poin 5)
4.      Melakukan Percobaan (poin 5)
5.      Menarik kesimpulan (poin 5)
6.      Mengkomunikasikan hasil (poin 5)

Penilaian: jumlah poin : 3 = nilai

Soal Posttest 2
Soal
1.      Sebutkan komponen-komponen biotik yang kalian ketahui minimal 3!
2.      Sebutkan komponen-komponen abiotik yang kalian ketahui minimal 3!
3.      Sebutkan contoh gejala alam biotik dan abiotik minimal 2!

Jawaban
1.      Manusia, hewan dan tumbuhan
2.      Matahari, air dan tanah
3.      Banjir dan tanah longsor  

Tugas
1.      Siswa diberi tugas untuk membaca tentang keselamatan kerja dalam laboratorium untuk kemudian dirangkum!


Lembar Kerja Siswa

Kelompok :
Nama Anggota :          1. .............................
                                    2. .............................
                                    3. .............................
                                    4. .............................
                                    5. .............................
                                    6. .............................
Mengamati di : ........................................
Tabel Hasil Pengamatan
Komponen
Gejala alam
Biotik
Abiotik