Sabtu, 24 September 2011

MK Smt 5: Model Pembelajaran Biologi (1/10)




Model Pembelajaran biologi merupakan Mata Kuliah (mk) yang akan aku pelajari di semester V (tk III). Gak kerasa emang udah semeter V aja, perasaan baru kemaren ospek, tapi sudahlah..Life must go on. So..di post kali ini, aku bakal share about mk yang satu ini. Kebetulan kemaren jadwal udah rilis, and di hari pertama kuliah aku sama temen-temen sekelas bakal mempelajari 'Model Pembelajaran Biologi'. dosennya pun udah gak asing, Ibu Eka Fitriah, kemaren beliau mengampu mk zoolgy vertebrata dan avertebrata, kaget juga sekarang beliau ngajar model pembelajaran (kaget bukan berarti meragukan lho ya, he..)
Nah, temen-temen post ini sempet pending 2 minggu, yang paragraf di atas nulisnya waktu awal-awal mau masuk smt 5, baru dilanjut sekarang, maklum sibuk belajar, hihi (padahal males..and temen-temen juga gak peduli ya kayaknya, hihi)
Waktu awal denger mk ini kaya udah gak asing, yupz tentunya gak asing karena udah pernah dapet di mk Teori belajar sama Strategi Belajar Mengajar. Pengertian model pembelajaran sendiri ada banyak, temen-temen bisa nyari di internet, atau kalau mau lebih jelas beli aja bukunya Joyce yang tebelnya sama kaya buku harry potter, hihi..
Tapi menurut aku pribadi, Model Pembelajaran itu adalah "sebuah konsep mengenai proses pengajaran dan pembelajaran". Di dalam model pembelajaran itu terdapat Pendekatan pembelajaran, Strategi pembelajaran, Metode pembelajaran dan Prosedur pembelajaran..jadi kalau ada yang bertanya apa perbedaan model pembelajaran dengan Pendekatan/strategi/metode/prosedur pembelajaran? jawabannya jelas, jika ke 4 bagian itu (pendekatan-prosedur) merupakan bagian dari model..berikut pengertian-pengertiannya:
Pendekatan pembelajaran: Suatu sudut pandang, gambaran dari suatu model pembelajaran, agar tujuan pembelajaran tercapai..
Strategi pembelajaran: Rancangan yang merupakan penjabaran dari suatu Pendekatan pembelajaran.
Metode pembelajaran: Sebuah tindakan nyata yang dilakukan di kelas, tindakan yang dilakukan harus sesuai dengan Strategi yang telah di buat.
Prosedur pembelajaran: langkah-langkah yang dilakukan di kelas (lebih detail dan nyata daripada metode).
Menurut Joyce sendiri, ada empat rumpun metode pembelajaran:
  1. Model Interaksi Sosial (mempunyai 5 model pengembangan)
  2. Model Pengolaan Informasi (mempunyai 7 model pengembangan)
  3. Model Personal Humanistik (mempunyai 4 model pengembangan)
  4. Model Modifikasi Tingkah laku (mempunyai 4 model pengembangan)
Itu baru dari si Joyce, belum yang lainnya :) yang lainnya cari sendiri ya, selamat belajar... :) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar