Kamis, 02 Februari 2012

Syarat Mendapat Kemenangan (Pengantar)



Jika kita memperlihatkan ayat-ayat Al-Qur'an, akan kita temukan bahwa Allah SWT telah menetapkan syarat utama umat Islam mendapat kemenangan atas musuh-musuhnya dan berhak menempati muka bumi. Syarat ini adalah sebagaimana firman Allah,
"...jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan akan meneguhkan kedudukanmu." (Muhammad: 7)
"...Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya..." (al-Hajj: 40)
Bagaimanapun juga, kita sendirilah yang harus menolong agama Allah SWT. Firman-Nya,
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka." (ar-Ra'd: 11)
"Yang demikian (siksaan) itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan mengubah sesuatu kaum hingga kaum itu mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri..." (al-Anfal: 53)
Allah SWT menuntut kita untuk menolong agama-Nya agar kita memperoleh kemenangan atas musuh-musuh kita dan berhak menempati muka bumi ini. Seorang hamba, sebagaimana yang dikatakan Syekh Islam Abdul Qadir Jailani, berada di antara Allah dan dirinya sendiri. Jika ia menolong dirinya maka ia menjadi hamba-Nya. Karena itu, diri kita adalah medan perjuangan. Seperti suatu perumpamaan: kalau jiwa dalam diri tidak ada jadilah kita bagaikan "malaikat".

Sumber: Majdi Al-Hilali, 38 Sifat Generasi Unggulan, Gema Insani Press, Jakarta; 1999

Tidak ada komentar:

Posting Komentar