RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Smester : VII/1
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar
Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi
Dasar : 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara
terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan
abiotik
Indikator : Mampu melaksanakan pengamatan objek melalui langkah-langkah terencana dan
sistematis
: Mampu
memahami tahapan-tahapan metode ilmiah
: Peserta didik
mampu melakukan pengamatan memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
I.
Tujuan
·
Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa
dapat melaksanakan pengamatan objek melalui langkah-langkah terencana dan
sistematis baik di sekolah atau lingkungan rumah.
·
Siswa dapat hafal dan memahami tahapan-tahapan
metode ilmiah.
·
Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa
mampu melakukan pengamatan gejala alam biotik dan abiotik
II.
Karakter yang dikembangkan
Disiplin, cermat,
tanggung jawab, ketelitian.
III. Materi
Ajar
Metode ilmiah
atau proses ilmiah merupakan
proses keilmuan
untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis.
Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis
dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan
hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen.
Jika suatu hipotesis
lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.
karakteristik penelitian ilmiah, yaitu : Sistematik, Logis, Empirik, Replikatif.
Adapun langkah-langkah dalam
melakukan metode ilmiah adalah sebagai berikut:
A.
Menemukan/Merumuskan Masalah
B.
Mengumpulkan Keterangan/Data
C.
Menyusun Hipotesis
D.
Melakukan Percobaan/Eksperimen
E.
Menarik Kesimpulan
F.
Mengkomunikasikan Hasil
Gejala biotik dan abiotik merupakan keadaan lingkungan
di sekitar kita yang ditunjukkan oleh keadaan makhluk hidup maupun benda tak
hidup. Gejala biotik dan abiotik saling berkaitan dan tidak dapat di-pisahkan.
Kejadian yang terjadi pada komponen biotik akan berpen-garuh terhadap komponen
abiotik, demikian sebaliknya. Contohnya kasus banjir, air sebagai komponen abiotik
yang merupakan kompo-nen vital yang dibutuhkan makhluk hidup justru sebagai
penyebab banjir. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya lahan resapan akibat
penggundulan hutan atau penebangan tanaman (komponen biotik), belum lagi
kebiasaan buruk manusia terhadap lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir.
Akibat dari banjir tentu saja merugikan seluruh lapisan masyarakat.
IV. Metode
Pembelajaran
·
Menerapkan model pembelajaran direct instruction,
snowboard rolling, picture and picture dan cooperative learning
·
Menerapkan metode ceramah dan tanya jawab
V.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (80 menit)
A.
Kegiatan awal (10
menit)
·
Memberi salam
·
Berdoa sebelum belajar
·
Ice Breaking game konsentrasi
·
Absensi
B.Kegiatan inti (60 menit)
Tahap
eksplorasi
·
Sedikit membahas tentang materi yang telah
dipelajari sebelumnya
·
Bertanya tentang tugas yang telah diberikan
·
Beberapa
siswa ditunjuk untuk membacakan hasil tugas
·
Menunjukkan
gambar yang mikroskop pertama
·
Bersama
sama menyimpulkan tahapan-tahapan metode ilmiah (lanjutan pertemuan sebelumnya)
·
Posttest
1
·
Apersepsi
gejala alam biotik dan abiotik dengan menunjukkan gambar
Tahap elaborasi
·
Menerangkan
tentang gejala alam biotik dan abiotik
·
Membagi
siswa kedalam 6 kelompok
·
Siswa
mengamati gejala alam biotik dan biotik di sekitar sekolah
·
Setiap
kelompok membacakan hasil pengamatan
Tahap konfirmasi
·
Membahas
bersama-sama hasil pengamatan yang telah dilakukan siswa
·
Mengumpulkan
Lembar Kerja Siswa
·
Ice
breaking
C.Kegiatan akhir (20 menit)
·
Posttest 2
·
Pemberian tugas
VI. Alat/Bahan/Sumber
·
Buku paket
·
Lembar
Kerja Siswa
·
Alat
tulis
·
Internet
·
Gambar
tentang gejala alam biotik dan abiotik
·
Reward
untuk siswa berupa coklat
·
Kertas
bergulir (untuk snowboard rolling)
·
Lembar
Kerja Siswa
VII. Penilaian
·
Kehadiran
·
Keaktifan
·
Keberanian bertanya dan menjawab
·
Kekompakan
·
Posttest
·
Lembar Kerja Siswa
Mengetahui,
Guru Pamong
Wahir, S.Pd
NIP: 19780401
201001 1 013
|
Cirebon, 15
januari 2013
Guru
Praktikan
Khairul Aziz
NIM: 59461168
|
Soal Posttest
Soal
1. Sebutkan
tahapan-tahapan dalam metode ilmiah
Jawaban
1.
Merumuskan
masalah (poin 5)
2.
Mengumpulkan
data (poin 5)
3.
Menyusun
hipotesis (poin 5)
4.
Melakukan
Percobaan (poin 5)
5.
Menarik
kesimpulan (poin 5)
6.
Mengkomunikasikan
hasil (poin 5)
Penilaian: jumlah poin : 3 = nilai
Soal Posttest 2
Soal
1.
Sebutkan
komponen-komponen biotik yang kalian ketahui minimal 3!
2.
Sebutkan
komponen-komponen abiotik yang kalian ketahui minimal 3!
3.
Sebutkan
contoh gejala alam biotik dan abiotik minimal 2!
Jawaban
1.
Manusia,
hewan dan tumbuhan
2.
Matahari,
air dan tanah
3.
Banjir
dan tanah longsor
Tugas
1.
Siswa
diberi tugas untuk membaca tentang keselamatan kerja dalam laboratorium untuk
kemudian dirangkum!
Lembar Kerja Siswa
Kelompok :
Nama Anggota : 1.
.............................
2.
.............................
3.
.............................
4.
.............................
5.
.............................
6.
.............................
Mengamati di : ........................................
Tabel Hasil Pengamatan
Komponen
|
Gejala alam
|
|
Biotik
|
Abiotik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar