Minggu, 21 April 2013

Rpp IPA SMP Kelas VII: Keselamatan Kerja di Laboratorium


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata pelajaran          :  Biologi
Kelas/Smester            :  VII/1
Pertemuan                 :  2
Alokasi Waktu           :  1 x 40 menit
Standar Kompetensi :  5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar     : 5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
Indikator                    : Siswa mampu menggunakan alat dan bahan secara aman
                                    : Siswa mampu mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya
                        : Siswa mampu mengidentifikasi simbol-simbol keselamatan kerja

             I.      Tujuan
·         Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa dapat menggunakan alat dan bahan praktikum secara aman.
·         Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa mampu mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya yang terdapat di laboratorium.
·         Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa mampu mengidentifikasi simbol-simbol keselamatan kerja.
          II.      Karakter yang dikembangkan
Disiplin, cermat, tanggung jawab, ketelitian.
       III.      Materi Ajar
Di dalam laboratorium terdapat beberapa jenis alat dan  bahan, serta perlengkapan laboratorium lainnya. Pengadaan alat dan bahan harus diperlakukan sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan alat dan bahan laboratorium didasarkan pada tujuan yang hendak dicapai.
Di dalam laboratorium juga terdapat bahan-bahan yang berbahaya, diantaranya ammonia yang berbau tajam, merkuri yang beracun, alcohol yang mudah terbakar, asam sulfat yang bersifat korosif, hydrogen yang mudah meledak dan karbon-14 yang merupakan radioaktif.
       IV.      Metode Pembelajaran
·         Menerapkan model pembelajaran direct instruction, make a match dan cooperative learning
·         Menerapkan metode ceramah dan tanya jawab
          V.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (40 menit)
A.    Kegiatan awal (10  menit)
·         Memberi salam
·         Berdoa sebelum belajar
·         Ice Breaking
·         Absensi
·         Pengumpulan tugas
B.Kegiatan inti (20 menit)
            Tahap eksplorasi
·         Sedikit membahas tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya mengenai gejala alam biotik dan abiotik
·         Menarik perhatian siswa dengan memperlihatkan jas lab serta dipraktekan di depan siswa dengan menggunakannya
·         Tanya jawab atas apa yang telah dilakukan guru di depan kelas
Tahap elaborasi
·         Menjelaskan pentingnya mengunakan alat dan bahan secara aman
·         Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya yang terdapat di laboratorium
·         Membagi siswa kedalam 6 kelompok
·         Setiap kelompok diberi gambar berupa simbol
·         Setiap kelompok diberi waktu untuk berdiskusi tentang simbol yang diberikan
·         Perwakilan kelompok menempelkan simbol di depan kelas untuk kemudian dicocokkan dengan arti simbol tersebut beserta contohnya
Tahap konfirmasi
·         Membahas bersama-sama hasil kerja kelompok yang telah dilakukan
·         Menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·         Ice breaking
C.Kegiatan akhir (10 menit)
·         Posttest 3
·         Pemberian tugas
       VI.      Alat/Bahan/Sumber
·         Buku paket
·         Lembar Kerja Siswa
·         Alat tulis
·         Internet
·         Gambar simbol-simbol bahan berbahaya
    VII.      Penilaian
·         Kehadiran
·         Keaktifan
·         Keberanian bertanya dan menjawab
·         Kekompakan
·         Posttest
·         Lembar Kerja Siswa
·         Tugas pekerjaan rumah




Mengetahui,
Guru Pamong


Wahir, S.Pd
NIP: 19780401 201001 1 013
Cirebon, 16 januari 2013
Guru Praktikan


Khairul Aziz
NIM: 59461168



Soal Posttest

Soal
1.      Gambarkan tiga simbol berbahaya dan tuliskan contohnya!

Jawaban


Penilaian: jumlah poin : 3 = nilai
           

Tugas
1.      Siswa diberi tugas untuk membaca tentang mikroskop kemudian dirangkum untuk kemudian dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar