RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Smester : VII/1
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
Standar
Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi
Dasar : 5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala-gejala alam
Indikator : Siswa
mampu menggunakan alat dan bahan secara aman
: Siswa
mampu mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya
: Siswa mampu
mengidentifikasi simbol-simbol keselamatan kerja
I.
Tujuan
·
Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa
dapat menggunakan alat dan bahan praktikum secara aman.
·
Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa
mampu mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya yang terdapat di laboratorium.
·
Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa
mampu mengidentifikasi simbol-simbol keselamatan kerja.
II.
Karakter yang dikembangkan
Disiplin, cermat,
tanggung jawab, ketelitian.
III. Materi
Ajar
Di dalam
laboratorium terdapat beberapa jenis alat dan
bahan, serta perlengkapan laboratorium lainnya. Pengadaan alat dan bahan
harus diperlakukan sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan alat dan bahan
laboratorium didasarkan pada tujuan yang hendak dicapai.
Di dalam
laboratorium juga terdapat bahan-bahan yang berbahaya, diantaranya ammonia yang
berbau tajam, merkuri yang beracun, alcohol yang mudah terbakar, asam sulfat
yang bersifat korosif, hydrogen yang mudah meledak dan karbon-14 yang merupakan
radioaktif.
IV. Metode
Pembelajaran
·
Menerapkan model pembelajaran direct instruction,
make a match dan cooperative learning
·
Menerapkan metode ceramah dan tanya jawab
V.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (40 menit)
A.
Kegiatan awal (10
menit)
·
Memberi salam
·
Berdoa sebelum belajar
·
Ice Breaking
·
Absensi
·
Pengumpulan tugas
B.Kegiatan inti (20 menit)
Tahap
eksplorasi
·
Sedikit membahas tentang materi yang telah
dipelajari sebelumnya mengenai gejala alam biotik dan abiotik
·
Menarik perhatian siswa dengan memperlihatkan
jas lab serta dipraktekan di depan siswa dengan menggunakannya
·
Tanya jawab atas apa yang telah dilakukan guru
di depan kelas
Tahap elaborasi
·
Menjelaskan
pentingnya mengunakan alat dan bahan secara aman
·
Mendeskripsikan
bahan-bahan yang berbahaya yang terdapat di laboratorium
·
Membagi
siswa kedalam 6 kelompok
·
Setiap
kelompok diberi gambar berupa simbol
·
Setiap
kelompok diberi waktu untuk berdiskusi tentang simbol yang diberikan
·
Perwakilan
kelompok menempelkan simbol di depan kelas untuk kemudian dicocokkan dengan
arti simbol tersebut beserta contohnya
Tahap konfirmasi
·
Membahas
bersama-sama hasil kerja kelompok yang telah dilakukan
·
Menyimpulkan
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·
Ice
breaking
C.Kegiatan akhir (10 menit)
·
Posttest 3
·
Pemberian tugas
VI. Alat/Bahan/Sumber
·
Buku
paket
·
Lembar
Kerja Siswa
·
Alat
tulis
·
Internet
·
Gambar simbol-simbol
bahan berbahaya
VII. Penilaian
·
Kehadiran
·
Keaktifan
·
Keberanian bertanya dan menjawab
·
Kekompakan
·
Posttest
·
Lembar Kerja Siswa
·
Tugas pekerjaan rumah
Mengetahui,
Guru Pamong
Wahir, S.Pd
NIP: 19780401
201001 1 013
|
Cirebon, 16
januari 2013
Guru
Praktikan
Khairul Aziz
NIM: 59461168
|
Soal Posttest
Soal
1. Gambarkan tiga simbol
berbahaya dan tuliskan contohnya!
Jawaban
Penilaian: jumlah poin : 3 = nilai
Tugas
1.
Siswa
diberi tugas untuk membaca tentang mikroskop kemudian dirangkum untuk kemudian
dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar