Sabtu, 03 Maret 2012

LAPORAN PRAKTIKUM ZOOLOGI VERTEBRATA MENCIT (Mus musculus)


MENCIT (Mus muculus)
I.       TUJUAN
Untuk mengetahui terjadinya proses terjadinya proses reproduksi pada Mencit Jantan dan Mencit Betina.

II.    DASAR TEORI
Klasifikasi
Kingdom               : Animalia
Phylum                  : Chordata
Subphylum            : Vertebrata
Ordo                      : Rodentia
Famili                    : Muridae
Genus                    : Mus
Spesies                  : Mus musculus

Reproduksi
      Breeding awal adalah sekitar 50 hari usia di kedua perempuan dan laki-laki, meskipun mungkin betina estrus tama mereka pada 25-40 hari. Tikus polyestrous dan berkembang biak sepanjang tahun; ovulasi spontan. Lamanya siklus estrus 4-5 hari dan estrus itu sendiri berlangsung sekitar 12 jam, terjadi di malam hari. Vagina smear berguna dalam perkawinan waktunya untuk menentukan tahap siklus estrus. Perkawinan biasanya terjadi pada malam hari dan dapat dikonfirmasi oleh kehadiran sebuah plug sanggama di vagina hingga 24 jam pasca sanggama. Kehadiran sperma pada vagina smear juga merupakan indikator yang dapat diandalkan kawin.
      Betina tikus ditempatkan bersama-sama cenderung masuk ke anesterus dan tidak siklus. Jika terkena tikus jantan atau feromon tikus jantan, tikus betina akan masuk ke estrus dalam waktu sekitar 72 jam. Ini sinkronisasi dari siklus estrus dikenal sebagai efek Whitten. Pemaparan yang baru-baru ini dibesarkan tikus ke feromon laki-laki yang aneh tikus dapat mencegah implantasi (pseudopregnancy) sebuah fenomena yang dikenal sebagai efek Bruce.
      Rata-rata periode kehamilan adalah 20 hari. Sebuah subur estrus postpartum terjadi 14-24 jam setelah kelahiran, dan simultan laktasi serta memperpanjang usia kehamilan, usia kehamilan 3-10 hari karena implantansi tertunda. Sampah rata-rata ukuran 10-20 selama produksi optimal, tetapi sangat tergantung ketegangan. Sebagai aturan umum, bawaan tikus cenderung memiliki masa kehamilan lebih lama dan lebih kecil dsaripada outbred tikus dan hibrida tikus. Muda disebut anak-anak anjing berat 0.5-1.5 gram saat lahir, yang gundul, dan menutup kelopak mata dan telinga. Kanibalisme jarang terjadi, tetapi perempuan tidak boleh diganggu selama proses kelahiran dan untuk minimal 2 hari setelah melahirkan. Pups yang disapih pada usia 3 minggu; penyapihan berat 10-12 gram. Jika estrus postpartum tidak dimanfaatkan, resume 2-5 hari postweaning.
      Bayi tikus jantan yang baru lahir dibedakan dari betina dengan mencatat jarak yang lebih besar dan lebih besar anogenital genial papila dari pria. Hal ini paling baik dilakukan dengan mengangkat ekor tikus dan membandingkan pasangan perineums.
      Pseudopregnancy durasi 1-3 minggu steril dapat mengikuti perkawinan, tetapi jarang diperhatikan.

III.  ALAT DAN BAHAN
Alat           : Kandang mencit, cutton bud, mikroskop.
Bahan        : Preparat hewan hidup, metilen blue


IV.  CARA KERJA
1.      Mengondisikan mencit jantan dan betina dalam kandang 3-7 hari sebelum praktikum.
2.      Pada hari praktikum, mencit betina disiapkan untuk dilakukan ulasan/papsmear pada lubang reproduksinya.
3.      Melakukan ulasan pada vagina mencit dengan menggunakan cotton bud.
4.      Menyiapkan objek gelas bersih dan membuat apusan pada objek glas tersebut dan kemudian mengeringkannya dengan cara diangin-angin.
5.      Melakukan pewarnaan dengan metilen blue beberapa tetes. Kemudian dikeringkan.
6.      Mengamati hasil pewarnaan dibawah mikrosop dengan perbesaran 10x, 40x s/d 100x.
7.      Menggambar hasil pengamatan.

V.    HASIL PENGAMATAN dan PEMBAHASAN
Data Pengukuran pada mencit Jantan & Betina:
Pengukuran pada
Jantan
Betina
Panjang keseluruhan
15.5 cm
17 cm
Berat badan
17.4 gr
19 gr
Warna mata
Merah
Merah
Panjang ekor
8 cm
8.5 cm
Panjang kaki depan
2 cm
2 cm
Panjang kaki belakang
2 cm
4 cm
Jumlah jari
5
5
Panjang telinga
1 cm
1 cm
Gigi
Ada
Ada



Struktur Morfolofi & Anatomi
Morfologi:
Tikus putih mempunyai panjang  panjang keseluruuhan sekitar 15-20 cm.. Bulu mereka berwarna putih, dan mereka umumnya memiliki bellys Buffy. Mereka memiliki ekor panjang yang memiliki sedikit bulu dan memiliki deretan lingkaran sisik (annulations). Tikus putih cenderung memiliki panjang bulu ekor dan lebih gelap ketika hidup dengan manusia (dipelihara). Sementara berat badan mereka berkisar 16-20 gr. Banyak bentuk-bentuk domestik tikus telah dikembangkan yang yang menghasilkan variasi dalam warna putih menjadi hitam dan yang lainnya.
Mus musculus   
Anatomi Mus musculus



Pada praktikum kali ini saya mengalami kesulitan, baik pada praktikum dan dampaknya pada pembuatan laporan praktikum kali ini. Kesulitan saya dikarenakan tidak adanya mencit yang harus di  teliti oleh kami. Dua kali kelompok kami kehilangan mencit pada saat pembiakan, yang pertama mati dan yang kedua kabur, keduanya betina. Jujur itu membuat saya meraasa malas pada saat melakukan praktikum.
     Akhirnya kami pun bergabung dengan kelompok lain, saya sendiri bergabung bersama kelompok tiga. Didalam kelompok saya tidak aktif, jadi kurang bisa membuat laporan yang maksimal, adapun pembahasan yang akan saya sajikan akan saya buat alakadarnya sesuai dengan praktikum yang saya lakukan. Saya meminta maaf atas hal ini.
     Pada praktikum kali ini, kami melakukan percobaan pengamatan proses terjadinya pembuahan (Fertilisasi). Pada tujuan praktikum kali ini kami diharuskan untuk mengetahui terjadinya proses reproduksi pada Mencit Jantan dan Mencit Betina, maka langkah yang pertama kami membeli spesimen tiga hari sebelum praktikum. Pada tiga hari tersebut, diharapkan mencit sudah melakukan perkawinan.
     Tahap berikutnya adalah melakukan ulasan kepada mencit betina, ulasan dilakukan untuk mengetahui apakah mencit betina sudah dibuahi atau belum. Ulasan digunakan melakukan cotton bud yang sudah dibasahi oleh alkohol, penggunaan cotton bud ini membahayakan terhadap keselamatan mencit, karena banyak mencit yang mati, untuk alternatif bisa menggunakan lidi yang kecil yang diberi kapas pada ujungnya.
     Kemudian cotton bud yang telah dipakai sebagai ulasan, di gosok/apusan terhadap gelas objek yang steril. Setelah itu dikeringkan. Setelah kering, dilakukan pewarnaan dengan metilen blue sebanyak satu tetes. Setelah itu kami melakukan pengamatan di mikroskop.
`    Pada pengamatan di mikroskop, saya tidak mengamatinya sehingga tidak tahu apakah mencit yang sudah dilakukan ulasan dibuahi atau tidak oleh mencit jantannya.
Dari teori yang ada, apabila gelas objek terlihat berwarna biru semua, maka betina tidak melakukan perkawinan. Siklus reproduksi pada tikus putih disebut esterus, siklus esterus pada mencit biasanya terjadi 4atau 5 hari. Ada empat tahap siklus esterus yaitu proesterus, metestrus, esterus, dan diesterus.
Selanjutnya kami membedah tikus jantan untuk mengetahui organ-organ reproduksinya. Kali ini juga saya tidak mengamati dengan baik, saya hanya mengetahui bahwa di dalam testis yang masak terdapat lebih sedikit sel-sel sertoli daripada sel-sel germinal (sel-sel benih), dan yang pertama cenderung untuk terletak merata sekeliling tubula seminifera. Sel-sel sertoli cukup tahan terhadap banyak zat beracun, seperti sinar-x dan pengaruh proses tua. Ada dua tipe sel sertoli yang dapat terlihat, satu yang berwarna gelap dan yang lainnya yang berwarna muda.

VI. KESIMPULAN
·         Tujuan praktikum kali ini adalah untuk mengetahui terjadinya proses reproduksi pada Mencit Jantan dan Mencit Betina.
·         Ulasan/pap smear dilakukan untuk mengetahui apakah mencit betina sudah dibuahi atau belum.
·         Siklus reproduksi pada tikus putih disebut esterus.
·         Siklus esterus pada mencit biasanya terjadi 4atau 5 hari.


DAFTAR PUSTAKA
Iskandar, D.T. Amfibi Jawa-Bali. Bandung. Puslitbang Biologi-LIPI 1998
Kimball. J. W. BIOLOGI. Erlangga. Jakarta 1983
Soemarwoto. Idjah. 1981. Biologi Umum. Jakarta: Gramedia.
Harminto Sundowo, Dkk. 2001. Biologi Umum. Jakarta. Universitas Terbuka
Wahono Lili. 1996. Biologi.. Bandung.Pt.Sarana Panca Karya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar